MTs Darussalam Subah

Selamat Datang di Website Resmi MTs Darussalam Subah. Sekolah sambil ngaji? Bisa! Yuk mondok di Darussalam aja. Penerimaan Peserta Didik Baru Gelombang II: 1 April 2022 - 25 Mei 2022. (21/03) Ujian Madrasah MTs Darussalam Subah Tahun ini dilaksanakan dengan Berbasis Android. (28/02) 25 Peserta Didik Mengukir Prestasi pada Olimpiade Nasional(OLNAS) Madrasah 20 Februari 2022, 9 medali emas, 8 medali perak, 3 medali perunggu, dan 5 juara harapan. (30/1) Siswa MTs Darussalam Subah Muammar Zidane Jovian Juara Bulutangkis Gemilang Cup 1 Tingkat Nasional. (5/2) (Alhamdulillah, Nadia Bunga Jauza Ma'wa Lolos 15 besar Finalis Olimpiade IPA se-Pulau Jawa Ajang OMADA 7 Brebes

PAS Gasal Tahun Pelajaran 2021/2022 Dilaksanakan Secara Tatap Muka

Subah – Berdasarkan Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2021/2022, MTs Darussalam Subah laksanakan Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil tahun pelajaran 2021-2022.

PAS Ganjil dilaksanakan secara tatap muka terbatas dengan tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes). PAS merupakan agenda tahunan akhir semester yang berfungsi sebagai bentuk penilaian kinerja dan belajar peserta didik selama satu semester.

Kepala MTs Darussalam Subah, Romadi, M.Pd., menyampaikan bahwa Penilaian Akhir Semester ini dapat menjadi media bagi guru dalam mengukur pemahaman peserta didik mengenai materi yang telah disampaikan.

“PAS itu artinya guru dapat mengukur sejauhmana pemahaman peserta didik tentang materi yang pernah disampaikan,” ucapnya pada Rabu (1/12).

Sesuai dengan kalender pendidikan tahun ajaran 2021-2022, PAS dilaksanakan secara serentak dimulai pada tanggal 1 Desember 2021, dan rencananya berakhir pada 9 Desember 2021 mendatang.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Akademik sekaligus ketua panitia pelaksanaan PAS, Toifatun, S. Pd. I menjelaskan teknis pelaksanaan PAS. “Pelaksanaan PAS ini dilakukan secara tatap muka untuk kelas 7, 8 dan 9 di kelas masing-masing, tentunya dengan protokol kesehatan,” ucapnya ketika ditemui di sela sela PAS berlangsung, pada Rabu (1/12).

Tak hanya itu, Ketua Panitia Pelaksanaan PAS itupun juga menyampaikan bahwa jenis soal yang diberikan lebih mengarah pada soal-soal aplikasi atau penerapan. Setelah dilaksanakannya PTS ini peserta didik diharapkan mampu untuk menghadapi soal-soal High Other Thinking Skill (HOTS) lagi.

“Soalnya mengarah pada soal aplikasi atau HOTs, harapannya supaya nanti siswa-siswi itu terbiasa dengan soal-soal yang HOTs karena nanti ada kaitannya dengan Asesmen Nasional,” harapnya.

Sementara itu di waktu yang berbeda, salah satu siswa yang mengikuti PAS, Ibnu S. Sabil menyampaikan rasa senang sekaligus syukurnya terhadap Pelaksanaan PAS kali ini. “Dengan adanya PAS ini saya jadi tau sejauhmana sih pemahaman saya tentang materi-materi yang disampaikan di kelas, apalagi pelaksanaannya di sekolah, jadi saya semakin bersyukur,” ucap Ketua OSIS MTs Darussalam Subah ini ketika ditemui setelah PAS hari pertama selesai.

Sejauh ini pelaksanaan PAS Ganjil di MTs Darussalam Subah berlangsung lancar dan tertib tanpa kendala yang berarti. Sistem pengawasan dilakukan secara ketat oleh pengawas ruangan yang berasal dari unsur guru. (fn)